Peredam
kejut atau yang lebih akrab kita sapa shock breaker adalah salah satu bagian
dari suspense kendaraan bermotor. Peredam kejut merupakan sebuah alat mekanik
yang didesain bertujuan untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energy kinetic.
Ketika kita melewati jalan yang tidak rata maupun berlubang, kita pasti merasakan
adanya hentakan. Nah, alat ini berfungsi mengurangi efek guncangan yang
dihasilkan dari hal tersebut. Karena jika sebuah kendaraan tidak memiliki
peredam kejut, control gerakan berlebih pada suspensi diredam secra paksa oleh
per yang kaku, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.
Berikut
ini adalah komponen dari shockbreaker depan sepeda motor:
- Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
- Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
- Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
- Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet atau aus.
- Tabung garpu : berguna untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
- Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya oksilasi dari pegas garpu dan pegas reaksi.
- Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat jalan yang tidak rata.
- Pegas garpu : berguna untuk menahan gerak torak ke atas. Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke jalan yang tidak rata.
- Baut garpu : berguna menutup lubang di atas torak garpu, sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut garpu terdapat ring sil oli.
Belum
lama ini, Astra Otoparts sebagai produsen peredam kejut merek KYB meluncurkan
model terbarunya yaitu KYB New SR Special dan KYB Lowfer Sport. Model baru
tersebut diklaim memiliki teknologi yang tinggi dan sesuai dengan kontur jalan
di Indonesia. Produk ini menawarkan keseimbangan dalam hal performa dan
kenyamanan dalam berkendara. Terutama untuk KYB Lowfer Sport ini memang
dirancang untuk para pecinta modifikasi. KYB Lowfer Sports juga memiliki tipe Lowfer Sports Plus
dengan fitur premium berupa empat belas tingkatan penyetelan damping force
untuk peredam kejut bagian belakang, disamping mampu meningkatkan grip dalam
pengendalian mobil. Peredam kejut ini merupakan peredam kejut high performance
yang menargetkan pasar premium. Diciptakan untuk para pengendara mobil yang
menginginkan peredam kejut berkinerja tinggi yang tidak seperti peredam kejut
pabrikan pada umumnya.
KYB New SR dibanderol seharga 5 juta hingga 7 juta untuk
satu set (empat unit), sementara untuk KYB Lowfer Sports dibanderol dengan
harga 6 juta hingga 8 juta untuk satu
set (empat unit). Adapun KYB Lowfer Sports Plus dibanderol dengan harga 8 juta
hingga 10 juta untuk satu set (empat buah). Untuk menambah kenyamanan konsumen,
KYB juga menawarkan coil spring (per) sebagai pasangan KYB Lowfer Sports
seharga 3 juta hingga 4 juta untuk satu set (empat unit).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar